Bikin Chatbot Sekarang Bisa Tanpa Coding

Foto: BangJoni Foto: BangJoni
 Penggunaan teknologi otomatisasi percakapan atau chatbot belakangan sering dimanfaatkan oleh perusahaan dalam melayani konsumen.

Mengakomodir hal itu, PT Jualan Online Indonesia merilis platform yang memungkinkan individu untuk mengembangkan chatbot dengan mudah.

Pesatnya penetrasi smartphone dan internet di Indonesia turut memicu pertumbuhan penggunaan aplikasi pesan instan. Messenger sendiri dianggap sebagai salah satu bentuk utama interaksi sosial saat ini.

Hal ini menghasilkan evolusi pada customer care yang sudah beralih ke digital customer care melalui penggunaan produk chatbot. Hanya saja, untuk mengembangkan chatbot selama ini dibutuhkan keahlian khusus di bidang IT. Tentu akan terasa sulit bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan tersebut.

Namun, dengan platform BJtech, CEO PT Jualan Online Indonesia Diatce G. Harahap mengklaim bahwa siapapun bisa mengembangkan chatbot sesuai kebutuhan masing-masing.

"Kami ingin menunjukkan bahwa chatbot bisa diciptakan semua orang Indonesia dari berbagai kalangan, mulai dari pelaku UKM, artis, hingga karyawan. Hal ini dikarenakan dengan penggunaan platform BJtech, seseorang tidak perlu memiliki keahlian pemograman (coding) tertentu. Chatbot pun dapat dibuat dengan waktu yang relatif cepat," ujarnya, Jumat (23/3/2018).

Bikin Chatbot Sekarang Bisa Tanpa CodingFoto: BangJoni

Platform BJtech yang didukung oleh machine learning technology, dapat menjangkau semua orang dalam satu waktu bersamaan melalui komunikasi paling mudah yaitu chatting. Para pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah teknis yang sederhana.

Pertama, menentukan tujuan dan fungsi dari pembuatan chatbot, dikarenakan akan berdampak pada langkah selanjutnya, yaitu rancangan alur percakapan, gaya bahasa, dan gramatika yang digunakan dalam chatbot. Lalu diakhiri dengan menghubungkan chatbot yang telah dibuat agar dapat diimplementasikan di salah satu aplikasi pesan yang ada, yaitu Line.

Menurut Diatce, pemanfaatan chatbot bagi pelaku UKM dapat menghasilkan efisiensi biaya dan waktu dikarenakan sistem layanan menjawab secara otomatis. Tidak hanya itu saja, kegunaan chatbot pun dapat melakukan pemesanan dan bahkan berbagi lokasi.

"Produk chatbot yang menggunakan AI Conversation Platform BJtech pun sudah kami hasilkan melalui kerjasama dengan Line Indonesia, BNI dan Cisco. Terkait dengan implementasi chatbot, sementara ini hanya bisa di Line. Kedepannya, kami akan memperluas ke aplikasi pesan lainnya, mobile apps maupun platform lain," pungkasnya.                                                                                                                                                  Sumber: https://inet.detik.com/cyberlife/d-3933516/bikin-chatbot-sekarang-bisa-tanpa-coding?_ga=2.257103499.1093415762.1567562089-1985070539.1565148367
Share:

Recent Posts